Sunda Creative, Berbagai Kesenian Sunda

Postingan saya kali ini berisi informasi mengenai liputan saya di salah satu toko kesenian, Sunda Creative. Liputan ini sebetulnya saya lakukan tahun lalu waktu saya mengikuti workshop Bandung Nu Urang yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Perdagangan kota Bandung yang bekerjasama dengan Air Foto Network.

6_1

 

5_1

Sunda Creative merupakan sebuah tempat usaha yang menjual alat-alat musik tradisional, khususnya alat musik tradisional khas Sunda. Usaha yang baru di mulai pada tahun 2013 oleh Ujang Suryana ini menawarkan berbagai barang kesenian asal Sunda seperti angklung, gong, gendang, dsb. Hanya saja yang menjadi andalan Sunda Creative adalah angklungnya. Karena memang proses produksinya dikerjakan sendiri di pabrik Sunda Creative.

10_1

12_1

Untuk proses produksi, Kang Ujang memperkerjakan 4 orang di pabrik  dalam proses pembuatan angklung, dan 2 orang lagi sebagai pemasaran. Bahan-bahan pembuatan angklung dikirik langsung dari Cianjur Selatan. Karena menurutnya bambu dari sana memiliki ciri khas tersendiri bila dijadikan sebuah angklung.

Meskipun berdiri pada tahun 2013, saat ini omset rata-rata perbulan Sunda Creative mencapai angka Rp. 20.000.000/bulan. Konsumennya terdiri dari perorangan, sekolah, sanggar seni, dan instansi.

2_1

4_1

Kang Ujang juga seringkali menggelar pameran dan juga pentas seni bersama teman-teman seprofesi. Ini bertujuan agar masyarakat dapat tau dan mau mengenal alat musik tradisional khas Sunda. Dengan begitu alat musik tradisional dapat tetap bertahan ditengah gempuran alat musik modern.

9_1

Tinggalkan Balasan