Pemandian Air Panas Cangar, 12 Agustus 2017

Dari air terjun Watu Ondo waktu tempuh yang dibutuhkan untuk ke pemandian air panas Cangar kurang lebih 15 menit. Seperti sebelumnya, jalan tetap didominasi dengan tanjakan. Sesampainya di gerbang pintu masuk wisata, kami memutuskan untuk makan siang dulu. Tenaga yang kami gunakan untuk treking di air terjun Watu Ondo cukup menguras tenaga. Setelah puas makan segera kami bergegas untuk membeli tiket masuk yang harganya sebesar Rp. 10.500/orang.

Wisata air panas Cangar sendiri masuk ke dalam wilayah kota Batu. Sama seperti tempat wisata kota Batu pada umumnya, wisata air panas Cangar sudah dikelola dengan baik. Meskipun namanya wisata air panas, di kawasan ini terdapat beberapa wisata lainnya. Diantaranya adalah tempat permainan untuk anak-anak, outbond, goa peninggalan Jepang, dan lain sebagainya.

Untuk wisata air panasnya sendiri, berdasarkan apa yang saya lihat, terdapat 4 jenis. Yang pertama adalah kolam rendam di bagian depan. Kolam rendam ini dalamnya hanya setengah betis orang dewasa saja. Mungkin lebih digunakan untuk merendam kaki saja.

Lalu yang kedua adalah kolam rendam utama. Kenapa utama, karena berdasarkan penghilatan saya menjadi favorit sebagian besar wisatawan. Di kolam rendam utama ini kedalamannya cukup untuk digunakan duduk santai sambil meluruskan kaki. Airnya pun lebih panas dibandingkan dengan kolam-kolam yang lain. Sehingga kolam ini lebih diminati dari yang lainnya.

Yang ketiga adalah kolam rendam khusus wanita. Kolam ini tertutup dari pandangan dan hanya dikhususkan untuk wanita. Dalam kolam rendam khusus wanita ini juga terdapat kamar mandi khusus yang masih satu bagian dalam area tersebut. Untuk fasilitas lainnya saya kurang tau karena tidak masuk ke dalam.

Yang keempat adalah kolam renang air panas. Untuk bisa menikmati kolam renang air panas ini pengunjung dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5000,00. Kolam renangnya juga dibagi menjadi dua. Yang satu untuk anak-anak yang cukup dangkal. Dan yang kedua kolam renang khusus dewasa dengan kedalaman 150cm-170cm. Di kolam renang ini terdapat juga fasilitas peminjaman ban dan kamar mandi.

Di sini kami memang ingin untuk bersantai saja berendam di air panas. Hanya saja saat saya ke sana, kolam rendam utama penuh dengan wisatawan lainnya. Selain itu tidak terdapat tempat penyimpanan barang yang dekat dengan pandangan. Maka dari itu kami memutuskan untuk di menikmati air panas di kolam renang saja.

Di kolam renang memang tidak bisa berendam dengan santai karena cukup dalam. Untuk mengakalinya saya beralih ke kolam renang khusus anak-anak. Meskipun tidak bisa duduk secara santai, setidaknya di kolam renang khusus anak-anak ini saya tidak perlu berdiri. Nikmatnya air panas Cangar saat itu tambah nikmat dengan ditemani oleh pemandangan hutan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Hari sudah sore dan mengingat jalan kembali ke Pacet cukup seram jika tidak adanya sinar matahari, maka kami segera keluar dari kolam renang. Setelah bilas mandi, tak lupa kami mampir ke pedagang tape ketan hitam. Tape ketan yang disajikan dengan lupis dan air tape menambah kesan hangat ditengah cuaca Cangar yang dingin sejuk.

Tinggalkan Balasan