Pantai Pancur Banyuwangi

Pantai Pancur merupakan salah satu pantai yang memiliki pesona luar biasa di pulau Jawa. Letaknya yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) Banyuwangi membuatnya terjaga dan masih terlihat alami.

DSC_9387Untuk sampai ke pantai ini, pertama saya menempuh perjalanan sekitar 8 jam untuk sampai ke Kota Banyuwangi. Kemudian dilanjutkan perjalanan 2 jam menuju TNAP. Dari pintu masuk TNAP (Rowobendo) jalan lagi masuk kurang lebih 30 menit untuk sampai ke Pos Pancur. Perlu diingat juga bahwa jalan di sini bukanlah jalan aspal halus, melainkan jalan aspal hancur. Meskipun begitu kita dapat menikmati sensasi mobil goyang untuk sampai ke tempat tujuan. Dari Pos Pancur, kendaraan diparkir, mengisi buku tamu terlebih dahulu kemudian jalan kaki sebentar untuk sampai ke Pantai Pancur.

DSC_9406
Pantai Pancur menyuguhkan pemandangan yang indah dengan pasir putih nya yang halus. Letaknya yang berada di selatan pulau Jawa membuat ombak di pantai ini tergolong besar. Seperti kebanyakan pantai selatan pulau Jawa, di pantai ini pengunjung tidak disarankan berenang karena ombak nya yang besar. Jika hanya untuk bermain air dipinggiran pantai saja masih diperbolehkan disini.

Pantai Pancur tergolong pantai yang bersih karena memang letaknya jauh dari pemukiman masyarakat. Sampah yang ada di sini merupakan sampah dari alam seperti ranting dan dedaunan. Adapun sampah plastik hanya yang terbawa oleh ombak ke pesisir pantai.

DSC_9416

Di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah sendang atau kolam yang bernama Sendang Pancur. Aliran dari sendang ini membentuk seperti air terjun kecil dan mengalir ke pantai. Sehingga terbentuk aliran sungai kecil yang mengarah langsung ke laut.

DSC_9336

DSC_96

Bila sampai sore hari di Pantai Pancur, sempatkan waktu untuk melihat matahari terbenam. Dengan begitu keindahan di Pantai Pancur menjadi lengkap dengan suguhan pemandangan matahari terbenam. Hanya saja waktu ke sini saya kurang beruntung karena cuaca nya waktu itu berawan. Tapi paling tidak pesona yang diberikan dapat memuaskan saya.

DSC_9319

DSC_9315

Jika anda memutuskan untuk bermalam di sini, Pos Pancur menyediakan tenda untuk menginap. Sewa tendanya Rp. 75.000/malam. Tapi jika tidak ingin mengeluarkan biaya untuk menginap, disediakan sebuah mushola yang dapat dibuat untuk tempat menginap juga. Tapi bila anda memutuskan untuk  menginap di sini, listrik yang disediakan oleh Pos Pancur hanya sampai pada jam 11.00 malam saja. Setelah itu generator dimatikan dan keadaan menjadi gelap karena tidak ada penerangan sama sekali.

Dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo terdapat objek wisata lain yang juga menarik untuk dikunjungi. Seperti Pantai Plengkung (G-Land) yang terkenal dengan ombaknya, Padang Savana, Goa Istana, dsb.

DSC_9366

Tinggalkan Balasan