Kawah Putih Gunung Patuha, 28 Juni 2015

Masih satu paket liburan bersama keluarga, kali ini saya bertolak ke wilayah Bandung Selatan, Ciwidey. Salah satu objek wisata yang terkenal di sini adalah Kawah Putih. Kawah Putih terletak pada ketinggian 2.434m dlp dengan luas sekitar 10ha, dan merupakan kawah dari Gunung Patuha. Mengunjungi Kawah Putih merupakan salah satu paket destinasi wisata bagi siapa saja yang mengunjungi Bandung.

KawahPutih8

Menurut informasi yang saya baca di sini, ternyata Kawah Putih memiliki legendanya sendiri. Gunung Patuha oleh masyarakat Ciwidey dianggap sebagai gunung yang tertua. Patuha konon berasal dari kota Pak Tua (sepuh), sehingga masyarakat setempat seringkali menyebutnya dengan nama Gunung Patuha. Hingga kini masyarakat setempat masih percaya bahwa Kawah Putih merupakan tempat berkumpulnya roh para leluhur. Menurut informasi yang saya baca lagi, di tempat ini masyarakat sesekali melihat (secara gaib) sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagai penjelmaan dari para leluhur.

KawahPutih5

Berbicara mengenai legenda memang merupakan kepercayaan dari masyarakat setempat. Terlepas dari itu, Kawah Putih menyajikan pesona keindahan alam yang memanjakan pengunjung. Di sini, kita bisa memasuki dan berjalan-jalan di sekitar kawah. Pengunjung disajikan dengan pemandangan air danau berwarna putih kehijauan, sangat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau tersebut. Di sebelah utara danau berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya. Di sekeliling danau terdapat hutan mati karena lokasinya yang sangat dekat dengan kawah.

KawahPutih7

Mengunjungi Kawah Putih wajib bagi pengunjung membawa masker. Karena bau belerang akan tercium sangat pekat ketika kita memasuki lokasi kawah. Tapi bagi pengunjung yang kebetulan tidak membawa masker, tidak usah khawatir. Di sini pengelola menjual masker yang bisa dibeli oleh pengunjung. Harganya pun terbilang murah, cukup dengan lima ribu rupiah saja. Penggunaan masker memang sangat dianjurkan di sini. Karena jika pengunjung menghirup bau belerang secara langsung dalam waktu yang cukup lama, bisa menimbulkan efek samping seperti mual, pusing, dan tenggorokan berasa kering.

KawahPutih3

KawahPutih4

Wisata Kawah Putih memiliki fasilitas yang terbilang lengkap. Bagi pengunjung yang membawa mobil pribadi, bisa langsung membawa mobilnya ke parkiran di samping kawah. Jalan yang dilalui pun aspal mulus yang bisa ditempuh dalam 20 menit. Bagi pengunjung yang menggunakan motor atau transportasi umum, pengelola menyediakan jasa shuttle yang akan membawa pengunjung ke lokasi kawah. Hanya saja shuttle ini tidak bisa langsung berangkat. Sistem yang digunakan adalah rombongan, jadi kalau saya tidak salah ingat, shuttle harus berisi penuh dulu oleh penumpang baru bisa diberangkatkan. Setelah puas menikmati keindahan kawah, pengunjung bisa membeli oleh-oleh atau souvenir di toko-toko yang disediakan di pintu masuk lokasi wisata ini.

KawahPutih2Papan informasi

KawaPutih1Edisi Foto Rame-Rame

KawahPutih6Edisi Foto Kekinian

2 tanggapan pada “Kawah Putih Gunung Patuha, 28 Juni 2015”

Tinggalkan Balasan