Belajar Wildlife Photography

Saya selalu tertegun ketika sedang surfing di website dan melihat-lihat foto-foto wildlife photography. Bagaimana para fotografer menyajikan foto tentang kehidupan satwa liar di habitat aslinya. Bagi saya, para fotografer wildlife tentunya haruslah orang yang sabar dan harus rela menunggu dalam rentang waktu yang lama untuk bisa mendapatkan jepretan yang bercerita.

Memotret satwa liar di habitat aslinya memang menghadirkan tantangan tersendiri. Berbeda ketika memotret manusia. Menurut saya, ketika memotret manusia kita bisa masuk dalam lingkungan dan berinteraksi dengan orang yang ingin kita potret. Tetapi berbeda ketika kita memotret satwa liar. Kita harus sebisa mungkin tidak berinteraksi dengan satwa yang ingin dipotret. Karena bisa saja kehadiran kita, para fotografer, mengganggu satwa-satwa tersebut di habitatnya.

Pada akhirnya saya mempunyai kesempatan mencoba untuk mencoba fotografi wildlife ini. Yah meskipun yang saya potret cuma burung, tapi burung-burung yang saya potret adalah burung yang liar. Tidak di sangkar tidak di kebun binatang.

Dikawasan kampus saya, Telkom University, terdapat sebuah hutan kampus yang merupakan habitat dari burung-burung yang saya tidak ketahui namanya. Hutan kampus ini merupakan salah satu habitat asli dari burung-burung tersebut di kota Bandung. Saya mendapatkan tugas untuk memotret hutan kampus tersebut berserta kehidupan burung-burung di sana untuk keperluan publikasi kampus tercinta. Kamera yang saya gunakan adalah kamera Canon 700D dan lensa Canon 55-250 IS.

img_5581-copy

img_5478

Pertama kali saya kira gampang, hanya menunggu burung lewat dan jepret. Nyatanya, saya harus menunggu cukup lama hingga burung lewat dekat dengan saya. Yah dari banyak foto yang saya hasilkan, cuma tiga foto ini saja yang saya kira layak untuk dipublikasikan.

1 tanggapan pada “Belajar Wildlife Photography”

Tinggalkan Balasan