Semarak Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Africa

Semarak KAA tentunya sudah mulai sekarang. Tapi hal tersebut tidak menurunkan semangat saya untuk menulis sesuatu tentang KAA menurut sudut pandang saya. Hari Sabtu (25/4) tepatnya saat Asia Africa Carnival saya menyempatkan waktu untuk datang ke acara peringatan 60 tahun KAA ini. Kebetulan memang saat itu saya juga mendapat tugas kuliah untuk menganalisis berjalannya acara Asia Africa Carnival ini.

DSC_1350-2

Saya datang ke sana pukul 09.00 pagi untuk menghindari macet dan mencari tempat parkir. Karena memang masih pagi, maka tempat parkir masih banyak tersedia. Saya memarkirkan motor saya di Plaza Parahyangan, tidak jauh dari jalan Asia Africa. Sesampainya di jalan Asia Africa dengan berjalan kaki, terlihat jalanan sudah ramai oleh masyarakat. Hanya saja memang acara Asia Africa Carnival belum mulai.

Pukul 10 jalan Asia Africa sudah mulai di netralisir oleh panitia. Masyarakat diminta untuk minggir ke sisi jalan membentuk sebuah barikade. Saya yang tidak ingin kehilangan kesempatan memotret 10 tahun sekali ini berusaha untuk bisa berdiri di barisan paling depan.

DSC_1288

DSC_1371-2

Singkatnya saya berhasil berdiri di barisan paling depan. Acara pawai baru dimulai pada pukul 11.00. Peserta pawai berjalan dari jalan Simpang Lima hingga ke jalan Asia Africa di depan alun-alun. Pawai tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat besar bagi masyarakat.

Ternyata masyarakat yang datang ke sini tidak hanya masyarakat Bandung. Mereka datang dari berbagai daerah bahkan ada yang dari mancanegara. Mereka datang tentunya untuk menyaksikan perayaan 10 tahun sekali ini.

Hanya saja sangat disayangkan banyaknya masyarakat yang datang merusak fasilitas yang disediakan oleh pemerintah untuk memperindah acara Asia Africa Carnival ini. Banyak pemberitaan di media massa maupun online memuat banyak fasilitas yang rusak setelah penyelenggaraan Asia Africa Conference Commemoration ini berakhir. Setidaknya sebagai masyarakat yang baik, kita sudah layak dan sepantasnya untuk sama-sama saling menjaga fasilitas kota yang memang ditujukan oleh masyarakat itu sendiri.

DSC_1401-2

DSC_1406-2

DSC_1427-2

DSC_1468-2

Tinggalkan Balasan