4 Lokasi Favorit Menikmati Sunset di Labuan Bajo

Labuan Bajo memang cocok disebut dengan kota sunset. Kota yang terletak dibagian paling barat dari pulau Flores ini memang kerap menyajikan pemandangan matahari terbenam yang cantik. Menyaksikan pemandangan laut lepas dengan matahari turun tepat di cakrawala, sungguh pemandangan yang tidak bisa dilewatkan ketika berkunjung ke Labuan Bajo.

Terdapat banyak tempat atau lokasi yang bisa digunakan wisatawan untuk melihat pemandangan matahari terbenam. Dalam postingan kali ini saya akan memberikan rekomendasi 4 tempat yang bisa digunakan untuk menikmati sunset versi saya pribadi. Keempat tempat tersebut tentunya murah dan bahkan gratis untuk dikunjungi bagi para wisatawan.

1. Bukit Silvia

Bukit Silvia merupakan yang favorit bagi saya untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Di bukit ini saya dapat melihat matahari terbenam dari ketinggian tanpa ada penghalang apapun. Pemandangannya langsung ke arah laut dan tidak ada daratan yang menghalangi. Sehingga matahari akan terbenam, menghilang tepat dicakrawala. Tepat digaris batas antara langit dan laut.

Untungnya ketika saya ke sana cuaca sedang cerah-cerahnya. Tidak ada juga awan yang menjadi penghalang pemandangan matahari terbenam. Entah memang tempat ini tidak populer atau karena alasan lain. Tapi saat saya ke sana, hanya ada 5 orang termasuk saya yang duduk menikmati matahari terbenam. Mungkin bagi orang Labuan Bajonya sendiri pemandangan ini sudah menjadi makanan sehari-hari.

Lokasi dari Bukit Silvia ini juga bisa dibilang jauh dari pelabuhan. Sehingga hanya sedikit kapal yang berada di laut. Kapal-kapal yang ada juga mungkin sewaan dari tamu-tamu yang menginap di Resort Silvia. Oh iya, nama bukit ini diambil dari nama Resort Silvia yang berada di kaki bukit.

2. Dermaga Putih

Dermaga Putih terletak di Kampung Ujung dan bisa dibilang terletak di pusat kawasan turis. Untuk dapat masuk ke Dermaga Putih, pengunjung dikenai biaya sebesar Rp. 10.000,00. Tiket tersebut kemudian digunakan untuk ditukarkan antara minuman dingin atau digunakan untuk menyewa topi.

Karena terletak di pusat kawasan turis maka lokasi ini bisa dibilang yang paling ramai untuk menikmati matahari terbenam. Dermaga yang dicat putih dengan desain dermaga kayu yang bagus membuat tempat ini cocok disebut spot instagramable. Di ujung dermaga terdapat juga restoran. Jika ingin menikmati matahari terbenam dari ujung dermaga maka pengunjung diharuskan untuk memesan makanan dan minuman di restoran tersebut.

3. Dermaga La Prima Hotel

Saya sebenarnya tidak tau apa nama dari dermaga ini. Letaknya berada persis di belakang La Prima Hotel yang berada di Jalan Pantai Pede. Mungkin juga dermaga ini dibangun oleh pengelola La Prima Hotel karena aksesnya pun melewati halaman belakang dari hotel ini.

Jika pengunjung dari luar hotel ingin mengunjungi dermaga ini, tinggal menyusuri Pantai Pede ke arah halaman belakang La Prima Hotel. Tidak ada penjagaan atau memang pengunjung sengaja dibiarkan asal tidak masuk ke area hotel. Untuk dermaganya sendiri, saat saya kesana, sepertinya memang belum benar-benar jadi. Karena dermaganya belum dicat dan masih berupa warna kayu asli.

Dermaga La Prima Hotel ini menurut saya lebih bagus untuk melihat matahari terbenam dibandingkan dengan dermaga putih. Pengunjung yang datang tidak terlalu banyak. Pemandangan ke arah baratnya pun dipenuhi dengan kapal-kapal berbagai jenis. Cukup menambah keindahan dari pemandangan matahari terbenam.

Selain itu dermaga ini juga digunakan oleh para muda-mudi Labuan Bajo untuk berenang. Airnya tenang dan jernih serta cukup dalam. Mereka menggunakan dermaga ini untuk melompat sebelum masuk ke air.

4. Pantai Pede

Pantai rakyat Labuan Bajo ini juga menghadap ke arah barat. Cocok sebagai tempat untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Dermaga La Prima Hotel sebenarnya terletak juga di kawasan Pantai Pede ini. Jadi untuk vienya memang sama persis.

Pantai Pede membentang cukup panjang, mungkin kurang lebih sekitar 700 meter dari ujung ke ujung. Tinggal pilih lokasi mana yang cocok. Beralaskan sandal sambil menikmati camilan cukup menemani suasana melihat indahnya pemandangan matahari terbenam.

Tinggalkan Balasan